Tips Merawat Honda Vario 125 dan Vario 150 yang Simple


Motor skutic yang satu ini tergolong sangat banyak di jalanan, dengan model yang lumayan sporty di tambah berapa fitur seperti eSP engine dengan sistem injeksi PGM-FI sehingga pemakaian bahan bakar yang semakin irit. 

Honda Vario 125 dan Vario 150 yang rata rata terjual 35 ribu unit perbulan merupakan motor yang laris di pasaran.  Agar Skutic  yang kita pakai seperti honda vario 125/150 maka harus di perhatikan perawatan agar motor nyaman saat di pakai perjalanan.

Nah berikut ini beberapa poin penting dalam merawat Skutic Vario 125 dan Vario 150 

1.   Panaskan Mesin Sebelum di Pakai berkendara

Pemanasan mesin merupakan suatu hal yang lumrah sebelum motor di pakai, mengapa hal ini perlu di lakukan karena saat motor selesai di pakai dan di parkir semalaman maka oli akan turun ke bak penampungan oli, dengan pemanasan mesin oli akan naik dengan bantuan mesin menyala mengisi celah celah mesin yang sempit dengan begitu mesin akan menjadi awet tingkat keausan dapat di minimalisir. 

Pemanasan jangan terlalu lama cukup 3 - 5 menit, kalau terlalu lama maka biasanya knalpot akan menguning karena kurangnya pendinginan saat motor berhenti pada waktu di panaskan.

 2.  Periksa Kapasitas Oli Sebelum Skutic di Pakai 
      
      Memeriksa kapasitas oli mesin sebelum motor di pakai, dan lakukan penggantian oli secara teratur. Pengecekan ini berfungsi untuk mengetahui kualitas oli yang di pakai masih bagus atau sudah jelek. Bila kondisi sudah jelek bisa di lakukan penggantian oli, penggantian oli biasanya di lakukan setiap 2000 km dan 8000 km untuk oli Gearbox.

      3.  Service Secara Teratur di AHASS

Service secara rutin merupakan kunci utama motor menjadi lebih awet, karena kerusakan pada mesin bisa lebih dideteksi lebih awal mana komponen yang perlu di ganti. Lakukan service di bengkel AHASS setiap 3 bulan sekali merupakan jangka waktu yang tepat. 

4. Memilih Suku Cadang Asli

Selalu memakai suku cadang asli dapat meningkatkan umur pakai motor Skutic anda, usahakan membeli suku cadang asli di bengkel terpercaya seperti AHASS.

5. Deteksi Lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL)

Pada saat lampu indikator MIL menyala, ECU akan mendeteksi semua komponen pada sensor sistem injeksi. Kedipan lampu indikator MIL saat kunci kontak ON dapat diketahui dengan membaca berapa kedipan yang ada , Hal ini untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada sistem injeksi. 

Jika ada beberapa kedipan pada MIL berarti menandakan adanya kerusakan pada sistem PGM-FI motor dan sebaiknya bawa motor Honda anda ke AHASS terdekat untuk dianalisa lebih lanjut yang mempunyai alat alat sensor injeksi yang lengkap.

Nah itulah beberapa tips yang bisa saya share kepada pembaca blog, jangan lupa share jika bermanfaat, Semoga berguna...

No comments

Powered by Blogger.