Tips Merawat CVT Skutic dengan Cara Memberi Grease Secara Periodik


Transmisi jenis CVT pada motor skutic perlu perawatan yang harus di perhatikan, karena komponen ini bekerja tanpa ada pelumasan karena memang trasmisi jenis kering. Meskipun tidak memakai pelumas namun ada sebagian komponen di berikan grease (gemuk) agar lebih awet dan tahan lama. 

Bagi anda yang menunggang motor skutic pasti merasakan vibrasi saat akan di jalankan bisa jadi kotoran atau debu yang ada pada komponen CVT perlu di bersihkan. Setiap skutic di wajibkan mengecek komponen CVT setiap 10000 km atau lebih cepat lebih baik jika kondisi jalan berdebu seperti saat musim kemarau. 

Untuk membersihkan usahakan di cuci dengan air sabun jangan memakai bensin karena dapat merusak seal pada komponen CVT.

Pada komponen CVT perlu di cek dan di beri grease seperti pada puli primer sudah ada seal yang mencegah grease meluber kemana mana. Grease yang di pakai tidak boleh sembarangan, harus tahan pada suhu panas dan grease tidak mudah meleleh. 

Anda  bisa memakai produk genuine ataupun aftermarket dengan harga yang mirip mirip, pelumasan ini sangat berguna mencegah komponen CVT dari keausan.

Biasanya saat kita membeli grease akan mendapat 2 grease yakni dikemasannya tertulis primary sheave grease dan satunya tertulis scondary sheave grease, dengan dua kemsan tersebut tentu saja beda penggunaannya. Dalam penggunaan harus tepat jangan sembarangan di oleskan ke komponen CVT. 

Kusus untuk primary sheave grease posisi nya di pakai pada bosh dalam puli primer, puli primer ini biasa di sebut puli depan atau drive pulley sebagai rumah roller. Untuk scondary sheave grease di gunakan puli bagian belakang di oleskan pada bagian sliding sheave sebelum di pasang penutupnya.

No comments

Powered by Blogger.