Cara Skir atau Skur Klep yang Paling Praktis


Salah satu penyebab kompresi motor bocor biasanya disebabkan oleh berbagai macam salah satunya klep atau katup tidak bisa tertutup rapat yang di sebabkan rumah dudukan klep sudah aus. Jika kompresi motor bocor maka tenaga yang di hasilkan oleh mesin akan berkurang otomatis pemakaian bahan bakar semakin boros. 

Kebocoran ruang bakar tersebut dapat di sebabkan oleh berbagai hal seperti kotoran kerak mesin, rumah dudukan klep aus, ring piston aus.

Untuk mengatasi hal tersebut rumah dudukan klep harus di ganti biasanya istilah bengkel di sitting klep ulang, nah selesai di sitting klep ulang maka maka untuk penghalusan rumah dudukan klep harus di skir atau skur. 

Nah artikel kali ini membahas bagaimana cara skir / skur klep yang paling praktis dan cepat. Untuk skir / skur klep ada dua cara yakni menggunakan bor listrik dan manual dengan tangan

Cara skir / skur klep menggunakan Bor Listrik

1. Siapkan Bor listrik yang tidak terlalu besar.

2. Cari batang besi sebesar gagang klep untuk di pasang di bor listrik.

3. Siapkan slang yang sesuai ukuran dengan gagang klep.

4. Oleskan Grinding Paste pada payung klep jangan sampai mengenai gagang klep nanti bisa aus.

5. Ada dua bagian Grinding Paste yakni Coarse End (Pasta kasar)dan Fine End (Pasta kalus). JIka anda melakukan penggantian sitting klep maka gunakan pasta kasar jika untuk finishing gunakan pasta yang halus.

6. Selanjutnya beri pelumas pada batang klep, untuk Grinding paste bisa di kasih bensin sedikit agar lebih encer dan mudah saat di putar oleh mata bor.

7. Masukan slang pada batang klep, hidupkan bor untuk memutar klep sambil seskali diangkat dan klep di tarik agar terjadi gesekan antara daun klep dan rumah dudukan klep (sitting klep) . Usahakan posisi bor lurus.

8. Setelah klep dan dudukan klep rata akan terlihat goresan halus dan rata, bersihkan klep dan dudukan klep (sitting).

9. Untuk pemeriksaan kebocoran bisa kita pasang ke dua buah klep IN dan EX, setelah itu kita tekan dengan tangan daun klep dari arah ruang bakar keatas sehingga kedua klep tertutup. 

Lalu isikan bensin pada salah satu klep dulu misalkan lubang IN periksa ada kebocoran apa tidak. Kalau tidak ada selanjutnya lakukan pada klep satunya, isikan bensin pada lubang EX periksa ada kebocoran apa tidak seperti rembesan bensin.

Cara skir / skur klep menggunakan Tangan

1. Langkah sama seperti diatas cuma tidak memakai bor listrik.

2. Jangan lupa oleskan Grinding Pasta.

3. Putar klep dengan cara di pilin memakai tangan dengan bantuan slang yang rapat di pasangkan pada batang klep.

4. Satu putaran di tarik untuk menekan daun klep dengan dudukan klep (sitting). satu arah putaran di angkat untuk membuka payung klep.

5. Setelah di rasa udah rata antara klep dan sitting lalu bersihkan.

6Untuk pemeriksaan kebocoran bisa kita pasang ke dua buah klep IN dan EX, setelah itu kita tekan dengan tangan daun klep dari arah ruang bakar keatas sehingga kedua klep tertutup, lalu isikan bensin pada salah satu klep dulu misalkan lubang IN periksa ada kebocoran apa tidak. 

Kalau tidak ada selanjutnya lakukan pada klep satunya, isikan bensin pada lubang EX periksa ada kebocoran apa tidak seperti rembesan bensin.

No comments

Powered by Blogger.