Tips Menguras dan Membersihkan Tangki Bensin Motor Injeksi

membersihkan tangki bensin motor injeksi

Tangki motor bensin yang lama dan jarang di bersihkan akan menjadi kotor dan kinerja mesin motor menjadi tidak maksimal. Llau bagaimana cara menguras tangki bensin motor dengan baik dan benar agar kinerja mesin motor kembali normal. 

Tangki bensin yang kotor di sebabkan kualitas bahan bakar yang tidak baik sehingga dapat menimbulkan karat dalam tangki.

Mencuci motor dengan menyemprotkan air ke tangki juga menyebabkan kandungan air masuk ke dalam tangki sehingga dapat menimbulakan karat, ada baiknya bagian tangki cukup di lap dengan air. 
Bisa juga dalam kondisi kehujanan dalam tangki bensin bisa terkena uap air yang mengandung asam beresiko menyebabkan karat.

Karena sistem injeksi masih dibilang barang baru, sehingga masih banyak yang bingung atau bahkan salah kaprah ketika menguras tangki bensin. Pada prisnsipnya, di motor matik dan bebek yang memakai sistem injeksi sama cara melakukannya. Jangan sampai mengutak-atik sistem injektor pada motor.

Nah berikut langkah langkah membersihkan tangki bensin

1. Hidupkan mesin untuk memastikan bahwa mesin menyala sebelum di kuras tangkinya

2. Cabut soket kabel yang ada pada bagian atas fuel pump

3. Putar kunci  kontak pada posisi ON dan tekan elektrik starter bertujuan untuk 
menghidupkan mesin agar bahan bakar yang ada pada slang bensin tersedot ke ruang bakar melalui injektor. Jadi ketika slang di buka bensin tidak keluar kemana-mana.

4. Setelah bahan bakar pada slang di rasa habis cabut coket slang yang ada pada fuel pump, perhatikan jika ada seal penutup karet harus kita ganti saat pembongkaran.  

5. Saat kabel injektor sudah bisa di cabut, buka fuel pump lalu periksa dinamo apakah terdapat molekul air jika perlu bersihkan dengan angin kompresor dengan tekanan jangan terlalu tinggi.


6. periksa pelampung dan saringannya, jika terdapat molekul air bersihkan dengan angin melalui kompresor sampai pelampung dan saringan kering.

7. keluarkan bahan bakar yang ada di dalam tangki, bersihkan tangki dengan memasukkan lap ke dalam tangki, semprot juga kain lap dengan kompresor sampai tangki benar benar bersih.

8. setelah membersihkan tangki, pasang kembali fuel pump, perhatikan karet O ring yang baru, ketika memasang oleskan sedikit oli mesin pada O ring itu agar karet licin.

9. Kemudian pasang kembali soket slang bensin dan fitting. Setelah semuanya terpasang, pancing bahan bakarnya agar turun ke injektor dengan cara menyalakan dan mematikan kunci kontak hingga tiga kali.

Nah itulah artikel cara menguras tangki bensin motor injeksi, semoga bermanfaat dan menambah pengalaman kita, Semoga berguna.....

No comments

Powered by Blogger.