Usai Mudik dengan Motor Perhatikan Komponen ini

mekanik

Setelah dipkai perjalanan jauh habis mudik ada beberapa hal yang perlu di perhatikan beberapa komponen sepeda motor yang harus di cek. Motor yang dipakai bekerja keras menempuh jarak yang lumayan jauh dengan membawa barang bawaan yang berat biasanya perlu perawatan rutin setelah menempuh perjalanan mudik, perawatan tersebut meliputi:

1.Oli
Servis yang dianjurkan setelah perjalanan jauh, seperti servis ringan penggantian oli transmisi dan juga oli mesin. Servis ringan, ganti oli mesin, ganti oli transmisi untuk motor jenis matik jika perlu atau telah mencapai 10.000 dari penggantian sebelumnya, untuk oli cukup penggantian tiap 2000 km. 

2. Kaki kaki
Motor matik maupun manual service yang di lakukan meliputi kaki kaki biasanya pengecekan celah rantai kusus motor manual dan rem serta susupensi. Suspensi kendaraan bisa saja rusak jika sepeda motor melintasi jalan yang bergelombang dengan muatan yang berat. Bersihkan komponen suspensi dari debu yang menempel karena akan membuat seal rusak dan bocor.

3. Ban dan Velg
Periksa kondisi ketebalan dan alur ban sangat penting, bersihkan ban dari kerikil yang menancap di alur ban karena jika dibiarkan akan menimbulkan kebocoran. Pengecekan bearing roda dan Velg juga harus diperiksa terutama bagi pemudik yang melintasi jalur bergelombang non-aspal. 

4. Karburator atau injektor
Walaupun mesin motor masih terasa enak dan nyaman, sangat perlu melakukan tune-up guna memeriksa kinerja karburator atau injector.

5.Kelistrikan
Periksa kembali sistem kelistrikan mulai dari lampu utama, lampu rem dan lampu sign motor setelah digunakan saat mudik atau balik.

6.Mur-baut bodi
Pekerjaan selanjutnya mengencangkan mur-baut pada bodi motor, mur-baut pada bodi motor bisa mengendur jika digunakan mengangkut beban. Baut yang kurang kencang pada bodi bisa menimbulkan bunyi getaran yang menggangu saat motor dikendarai.

itulah beberapa tips mungkin bisa di terapkan untuk merawat kendaraan anda sehabis di pakai mudik dan balik. Semoga berguna..

No comments

Powered by Blogger.