Perawatan Service Berkala Honda BeAT PGM-FI

honda beat pgm-fi

Skutic entry level Honda Beat memang cukup banyak peminatnya, penjulan tiap bulan rata rata 120 ribu unit, wajar jika motor ini banyak sekali di jalan raya. Agar motor kesayangan awet dan nyaman dikendarai sebaiknya harus rajin service secara berkala. 

Jika memasuki usia dua tahun ternyata ada beberapa komponen ringan yang harus di ganti, komponen apa saja yang harus di ganti agar skutic selalu awet.
Menurut buku pedoman perawatan berkala jika sudah melampaui 4000 km atau 4 bulan, skutic wajib ganti oli mesin dan service. Ada 24 item yang harus di cek saat di bengkel resmi Honda di antaranya 

Filter bensin, cara kerja selongsong gas di tangan, filter udara, pernafasan crankcase, busi, jarak renggang klep, oli mesin, saringan kasa oli mesin, putaran stasioner, belt CVT, oli transmisi, minyak rem, keausan kampas rem, sistem rem secara keseluruhan. 

Switch lampu rem, cara kerja brake lock, arah sinar lampu, keausan kampas kopling, standar samping, suspensi, baut dan mur, roda dan ban juga yang terakhir adalah bearing kepala kemudi
Proses pengecekan motor seperti saluran bahan bakar dengan aliran minimum 98 cm3/detik serta selongsong gas di 22-6 mm, juga celah busi harus di perhatikan CPR9EA-9 (NGK) / U27EPR9 (Denso) dengan jarak kerenggangan kbusi berada pada 0,8-0,9 mm.
Jarak renggang klep juga harus diperiksa untuk klep IN dan EX 0,16 mm ± 0,02. Filter udara juga tidak kalah penting jika kendaraan di pakai di daerah berdebu dan mencapai 16000 km filter udara harus segera di ganti bahkan jika sebelum jarak tempuh tersebut belum terlampaui dan kondisinya kotor wajib di ganti lebih cepat.
Oli mesin honda Beat harus di ganti jika telah menempuh 2000 km sedangkan oli trasmisi di ganti tiap 8000 km. Berikut rincian service 3 tahun berkala komponen apa saja yang perlu di ganti.
1 tahun / 12.000 km
Tahun pertama belum banyakl komponen yang harus di ganti, karena motor tergolong dalam kondisi baru, jika ada komponen yang perlu di ganti seperti busi selebihnya hanya oli penggantian oli mesin secara teratur. 
2 tahun / 24.000 km
Memasuki usia  2 tahun ada 4 komponen yang perlu di ganti busi, oli mesin, drive belt dan oli transmisi. Kampas rem juga perlu di cek kondisinya sudah tipis atau masih tebal.
3 tahun / 32.000 km
Pada Honda BeAT yang sudah berusia 3 tahun hanya memerlukan pergantian oli mesin karena komponen yang lain sudah dilakukan pergantian sesuai buku panduan servis berkala. 
Nah di atas tadi yang perlu anda perhatikan sebagai pemilik Honda BeAT PGM-FI, sebaiknya melakukan service yang teratur dan ganti komponen yang perlu di ganti sesuai buku pedoman service, semoga berguna...

No comments

Powered by Blogger.