Merawat Rem Sepeda Motor Agar Selalu Pakem

cara merawat rem


Motor yang sering kita pakai harus selalu kita rawat, seperti halnya pada bagian sistem rem yang wajib kita perhatikan. Sistem rem berfungsi menahan laju kendaraan bermotor sampai berhenti dan juga sebagai faktor keselamatan berkendara. 

Kondisi rem yang tidak baik kurang pakem sebaiknya harus kita periksa mulai dari kampas rem, kaliper, master rem dll.

Artikel kali ini akan membahas tentang perawatan sistem rem baik yang menggunakan cakram maupun tomol (Drume Brake). 

Biasanya untuk motor sport yang baru sistem rem baik depan dan belakang sudah menggunakan rem cakram namun untuk motor bebek atau skutic biasanya masih menggunakan tromol pada bagian roda belakang. 


Rem cakram maupun tromol  mempunyai fungsi yang sama, namun hanya cara kerjanya saja yang berbeda dan tentunya untuk perawatanya juga berbeda.

perawatan rem cakram sangat mudah antara lain
  • Periksa ketebalan kampas rem.
  • Periksa level minyak Rem.
  • Pemeriksaan piston bisa bergerak bebas atau tidak.
  • Periksa speling kaliper rem dengan cara di oblak oblak harus ada speling sedikit.
  • Pemeriksaan ketebalan piringan cakram
  • Pemeriksaan tingkat kepakeman rem

Poin diatas adalah jenis pemeriksaan secara berkala setiap 1 bulan sekali atau tiap 5000 km. Pada waktu pemasangan kampas rem sebaiknya kita bersihkan piston yang ada pada kaliper rem agar pergerakan piston lebih sempurna dalam menekan kampas rem. Bisa kita kasih pelumas Gemuk secara tipis tipis pada bagian piston setelah di bersihkan atau bisa juga menggunakan minyak tanco.


kaliper rem

Kotoran yang menempel pada piston akan mempengaruhi tingakat pengereman, jangan lupa kita bersihkan Pin kaliper juga di beri pelumas Gemuk agar pergerakan kaliper maksimal.


pin rem



Perawatan Sistem Rem tromol (Drume Brake)

Untuk melihat ketebalan kampas rem tromol kita hatus membuka tromol roda, sehingga bisa kita lihat kampas rem tromol. Ketebalan harus kita perhatikan jika kondisi kampas sudah tipis sebaiknya kita ganti yang baru, pastikan kondisi per (spring), tromol baik. 

Bersihkan kotoran yang menempel pada tromol dengan mencuci dengan air sabun dan keringkan, jangan sekali kali membersihkan dengan udara bertekanan seperti kompresor karena kotoran kampas mengandung logam berbahaya bila terhirup ke paru paru. 

Tromol yang sudah di bersihkan tidak boleh terkena oli maupun gemuk, akan menyebabkan pengereman tidak maksimal.

rem tromol




Cukup mudah bukan, rem merupakan bagian yang terpenting jangan abaikan kondisi rem yang tidak maskimal. Untuk lebih mudahnya anda bisa melakukan perawatan di bengkel resmi terdekat, Semoga Berguna..

No comments

Powered by Blogger.