Memilih Ban Tubeless atau Ban Biasa yang Tepat Untuk Motor


Kondisi ban yang kita pakai mempengruhi faktor keselamatan dan kenyamanan berkendara, selain berfungsi sebagai bantalan pada velg ban juga berfungsi meredam getaran dari jalan yang berlubang atau bergelombang. 

Dalam artikel ini akan di bahas mengenai pemilihan ban tubeless atau ban biasa yang tepat untuk sepeda motor, kedua tipe ban tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tidak ada salahnya kita mengetahui informasi tentang ban yang akan kita gunakan.




Ban Tubeless
Sebagian orang menganggap Ban Tubeless memiliki memiliki kualitas yang baik, sebenarnya ini tergantung dari kondisi jalan yang kita lalui struktur karet ban tubeless lebih keras dan lebih tebal ini yang membuat ban tidak langsung bocor bila terkena paku sehingga tidak perlu memakai ban dalam. 

Ban Tubeless kurang cocok di gunakan di jalan yang terjal akan lebih cocok dipakai di jalan perkotaan yang kondisi aspalnya mulus.

Kelebihan.
Tahan terhadap kebocoran tusukan paku dan mimiliki daya cengkeram yang lebih baik saat bermanufer di tikungan dalam kecepatan tinggi. Makanya sekarang banyak pabrikan kendaraan roda dua yang menerapkan ban tubeless untuk motor yang di rilis.

Kekurangan
Ban tipe tubeless mempunyai usia pakai yang lebih pendek, karena memakai kompon ban yang lebih lunak. Jika ban di gunakan melewati jalan yang rusak akan cepat aus dalam jangka waktu tertentu, ban tipe ini hanya cocok di gunakan pada velg racing tidak bisa dipakai pada velg jari jari namun kalau di paksakan juga bisa dengan memakai ban dalam.

Namun sekarang teknologi sudah berkembang ban tubeless pun bisa dipakai di velg jari jari. Untuk harga yang di patok ban tubeless akan lebih mahal di bandingkan ban biasa, karena teknologi yang digunakan juga berbeda.




Ban Biasa (Tube Type)
Ban yang disebut dengan istilah Tube Type memiliki perbedaan yang paling mencolok yakni menggunakan ban dalam, biasanya motor bebek dengan kapasitas mesin di bawah 125 cc masih memakai ban jenis ini. 

Kelebihan
Ban jenis ini mempunyai kelebihan bisa dipakai di velg jari jari atau racing serta harga yang lebih murah, sangat cocok di gunakan di jalan yang terjal atau bergelombang. Ban lebih karena memakai kompon yang lebih keras dan kaku di bandingkan ban tubeless 

Kekurangan
Struktur karet ban yang lebih tipis sehingga tidak tahan terhadap tusukan paku ban akan langsung bocor, memiliki kompon yang keras sehingga kurang nyaman dalam pemakaian.

Demikian artikel yang membahas mengenai Perbedaan Ban Motor Tubeless dan Ban Biasa ( Tube Type) semoga bermanfaat dan beguna.. 

No comments

Powered by Blogger.