Jangan Sembarangan Membersihkan Busi Motor


Busi sebagai komponen yang menghasilkan pembakaran di ruang bakar, meski memerlukan perawatan namun banyak yang tidak paham dalam melakukan perawatan komponen yang satu ini. Membersihkan dengan amplas dan sikat kawat dapat merusak komponen busi.

Saat di bersihkan memakai amplas atau sikat kawat kemungkinan elektroda busi akan terkikis yang membuat jarak elektroda menjadi bergeser, menjadi renggang atau terlalu rapat. Sehingga busi tidak dapat bekerja secara maksimal.

Jarak kerenggangan busi dari pebrikan sudah di ukur secara cermat, setiap jenis mesin kendaraan bermotor mempunyai spesifikasi dan kerenggangan busi yang berbeda. 

Salah satu yang paling di larang yakni, memukul kepala busi hal ini sangat tidak di anjurkan karena dapat merusak material busi yang mempunyai sifat getas. Saat di getok struktur akan berubah hingga membuat kekuatan material ikut berubah. 

Efeknya umur busi semakin pendek, sebaiknya jika kondisi busi sudah kotor lebih baik harus di ganti yang baru.

Mungkin anda pernah melihat membersihkan busi dengan cara merendam busi dengan bensin, tujuannya adalah agar kotoran yang menempel pada busi tersebut hilang dan cepat terlepas. 

Bahwa membersihkan busi motor seperti ini menjadi kurang efektif karena zat-zat di dalam bensin dapat memicu timbulnya kotoran pada busi.

Cara membersihkan yang paling ideal dengan menggunakan kain halus dan digosok secara perlahan, dan memastikan proses pembersihkan busi tidak mengikis logam yang ada di kepala busi. 

Membersihkan busi memang merupakan langkah sementara karena busi tetap akan kembali kotor. Usaha kan ganti yang baru untuk menjaga performa mesin motor yang di pakai.

No comments

Powered by Blogger.