Ganti Kampas Rem Depan Yamaha Jupiter MX 135



Sobat semua bagi pemilik Yamaha Jupietr MX 135 LC dalam artikel di bahas tentang mengganti kampas rem motor kesayangan sobat semua. Motor ini menggunakan single piston untuk rem depan, karena memang rata rata motor bebek menggunakan single piston. Kampas rem yang sudah aus dan tipis sebaiknya segera di ganti, di kawatirkan besi kampas akan mengenai cakram dan merusak cakram.

Sebenarnya mengganti kampas rem tidak begitu sulit bahkan sangat mudah, caranya ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini:
1. Pertama siapkan dulu alat-alatnya seperti kunci sock 12 dan obeng min. Buka dua buah baut di pinggir kaliper rem, biasanya kaliper rem ini berwarna kuning emas :
2. Lepaskan kaliper depan, kampas rem depan yang perlu diganti :

3. Lepaskan kedua kampas rem sisi kiri dan sisi kanan dengan openg min, cungkil sedikit demi sedikit hingga terlepas dan setelah itu ganti kampas rem baru.
4. Sekarang tinggal pasang lagi kaliper rem dan kencangkan kedua baut kaliper 
5. Bersihkan bracket kampas rem agar kondisi nya bersih yang paling penting bersihkan baut pen penahan kalipernya berikan pelumas gemuk, jika komponen itu kotor membuat kaliper tidak mau sliding bergerak bebas.

6. Untuk membuka braket kampas rem ini mudah biasanya kunci pembukanya beda-beda, ada yang memakai kunci ‘L” atau kunci “Bintang” .
Biasanya baut di antara bracket dan dudukannya di shockbreaker depan agak susah dibuka, mungkin penyebabnya karena panas atau kotoran debu yang menempel. Agar lebih mudah sebaiknya gunakan kunci sock dengan mata kunci L maupun kunci Bintang. Semoga berguna...

No comments

Powered by Blogger.