Cara Paling Gampang setel Klep Supra X 125

Supra X 125 merupakan bebek unggulan dari Honda yang telah memiliki penjualan jutaan unit di Indonesia, sehingga pengguna di jalan raya juga semakin banyak. Salah satu bentuk perawatan rutin yang bisa di lakukan pada komponen paling penting yakni penyetelan klep / katup.
Untuk tipe mesin 4 tak atau 4 langkah, katup merupakan komponen yang paling penting dalam proses pembakaran. Katub berfungsi mengatur buka tutup campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar dan sisa hasil pembakaran ke luar melalui knalpot.
Penyetelan celah katup / klep di perlukan untuk mengatasi perubahan celah klep akibat panas yang di hasilkan oleh pembakaran serta akibat keausan salah satu komponen klep. jika jarak celah klep terlalu renggang maka akan terdengar bunyi yang tidak normal jika terlalu rapat maka klep akan tertekan terus mesin bekerja sehingga kompresi akan berkurang.
Sebaiknya anda perhatikan hal hal sebagai berikut :
  • Pemeriksaan dan pernyesuaian renggang klep dilakukan saat kondisi mesin di bawah 35ºC/95ºF.
  • Pemeriksaan dan penyesuaian renggang klep harus dilakukan pada saat piston di titik mati atas (TMA) saat langkah kompresi.
Menentukan Top Kompresi Titik Mati Atas (TMA)
Buka penutup klep isap dan buang dengan kunci ring 8, lalu buka penutup lubang intip piston pada cover penutup magnet sebelah kiri (crank case) ada 2 lubang kecil dan besar. Untuk lubang besar putar rotor magnet (fly wheel) dengan kunci T 17 searah putaran mesin (berlawanan arah jarum jam)  sambil melihat klep isap (intake).

Apabila klep turun dan naik kembali berarti piston pada langkah kompresi. Tepatkan tanda "T" pada rotor magnet dengan tanda crank case cover kiri. Sambil kita raba pelatuk klep isap dan buang bergerak bebas artinya kondisi sudah Top kompresi.
Jangan memutar poros magnet (fly whell) serah jarum jam, karena bisa merusak komponen dekompresi karena sistem tersebut bekerja satu arah, apabila terbalik menyebabkan kerusakan komponen tersebut.
Cara penyetelan dapat dilakukan dapat dilakukan sebagai berikut :
  • Longgarkan mur pengunci. 
  • Putar baut penyetel ke arah merenggang secukupnya.
  • Masukkan feeler gauge 0,05 mm, untuk ukuran renggang klep isap dan buang. 
  • Penyetelan dianggap benar, apabila feeler gauge ditarik agak sesak.
  • Kencangkan kembali mur pengunci apabila jarak renggang sudah tepat, dengan posisi Feeler gauge masih terpasang.
Hasil penyetelan yang tepat :
  • Saat feeler gauge ditarik terasa seret, tetapi tidak dapat didorong kembali
  • Pastikan bahwa pada permukaan feeler gauge tidak terdapat goresan akibat bekas tarikan
Setelah setelan di rasa sesuai, pasang kembali semua cover klep dan lubang intip magnet. Hidupkan mesin dan stel karburatornya karena kedua komponen ini saling berhubungan, untuk menyetel karburator, dengan meyetel baut stelan langsam (baut yang ada pegasnya) ke kanan sampai kurang lebih 4000 rpm.
Setelah itu stel baut stelan campuran (berada di sebelah kiri baut langsam) sampai mentok ke kanan dan putar kembali sampai 1 7/8 putaran. Kemudian putar kembali baut setelan langsam ke arah kiri sampai rmp mesin 1400. 
Nah cukup mudah bukan, anda pun bisa mencoba di rumah namun kalau di rasa ragu bisa menghubungi bengkel terdekat, semoga berguna...

No comments

Powered by Blogger.