Cara Berkendara Motor irit Bahan bakar



Memakai kendaraan bermotor dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit akan lebih menyenangkan selain hemat biaya cara berkendara yang sering di sebut Eco Driving akan lebih ramah lingkungan.


Eco Driving adalah bagaimana caranya menghemat bahan bakar, dengan menerapkan Eco Driving perbedaan konsumsi bahan bakar kendaraan sangat signifikan dibandingkan cara berkendara biasa,


Berikut tips yang mungkin bisa anda terapkan saat berkendara:


1. Menggunakan jenis BBM yang tepat untuk mesin kendaraan kita

Gimana motor kita akan irit kalau bahan bakar yang di pakai tidak sesuai. Setiap mesin kendaraan bermotor mempunyai rasio kompresi dan di sesuaikan dengan jenis bahan bakar yang di pakai. Misalnya motor  kita butuh oktan 92, dikasih bensin oktan 88, tidak akan bisa Eco Drive mesin akan under power, artinya mesin tetap jalan akan tetapi tidak maksimal powernya sehingga kita akan menarik tuas gas lebih dalam.

2. Tekanan angin Ban

Sebaiknya  disesuaikan tekanan angin ban dengan rekomendasi dari pabrikan, bisa kita lihat di buku manual petunjuk kendaraan bermotor misalnya digunakan berboncengan atau sendirian.

3. Hindari beban berlebih.

Kalau kita naik motor sendiri ama berboncengan pasti lebih ringan yang sendiri, membawa beban berlebih akan menyebabkan mesin kita bekerja lebih keras lagi serta konsumsi bbm lebih banyak.

4. Selalu merawat kendaraan

Pastikan kendaraan selalu di rawat seperti penggantian oli, filter oli, filter udara, busi dan komponen ringan lainnya, supaya performa mesin tetap prima. Biasanya kita melupakan komponen yang ringan seperti ini, motor belum masuk bengkel kalau belum ada kerusakan parah.

5. Menentukan rute perjalanan

Mengunakan sepeda motor saat bepergian hal yang paling penting adalah menentukan rute tujuan kita jangan sampai melupakan rute tujuan. Kita tentukan minimal jarak yang akan kita tempuh sehingga kita bisa menentukan konsumsi BBM yang di gunakan.

6. Mengaktifkan fitur Idling Stop System untuk motor skutic.

Sistem ini telah banyak di terapkan di motor Honda dan Yamaha, fitur ini sangat membantu menghemat konsumsi bahan bakar. Mesin akan mati secara otomatis saat kendaraan diam misalnya saat berhenti di lampu merah akan nyala secara otomatis sewaktu tuas gas di putar. 

itulah kiat atau tips berkendara hemat bahan bakar, semoga artikel tadi bisa membantu anda dan bermanfaat semoga bisa menambah wawasan kita dalam berkendara, Semoga berguna...

No comments

Powered by Blogger.