Tips Memilih Kampas Rem Cakram

tips memilih kampas rem cakram

Banyaknya pilihan kampas rem aftermarket yang beredar di pasaran memang cukup menjanjikan, dengan harga yang lebih terjangkau dari pada produk genuine akan menjadi alternatif pengganti yang hemat karena harganya yang lebih terjangkau. 

Bagi pemilik kendaraan bermotor jangan asal asalan memilih kampas rem aftermarket karena mempengaruhi kualitas pengereman dan juga tingkat keausan pada piringan cakram.

Tipe kampas rem ada 4 jenis untuk kendaraan anda, yang memiliki kualitas yang bermacam macam diantaranya:

1. Semi-metalik kampas rem yang mempunyai ketahanan lama, dan memiliki transfer panas sangat baik, namun tingkat keausan kampas rem sedikit lebih cepat dibandingkan tipe lain.

2. Tipe non-asbes organik. mempunyai keuntungan lebih lunak, kampas rem tidak akan berbunyi, namun kampas rem mempunyai sifat lebih cepat habis.

3. Tipe non-asbes organik dengan kandungan metal yang rendah. Mempunyai keunggulannya transfer panas yang baik, tetapi mempunyai bunyi yang lebih berisik daripada kampas rem non asbestos yang reguler karena mempunyai kandungan logam.

4. Tipe berbahan keramik. Bahan ini merupakan bahan kampas rem terbaik karena biasanya kampasnya lebih bersih dan tidak berbunyi. Saat melakukan pengerem tanpa merusak rotor, namun harga yang ditawarkan akan lebih mahal dari bahan lain.

5. memilih kampas yang tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lunak, biasanya bisa kita cek dengan cara menggesekkan kampas ke media besi jika terkoyak lebih cepat bisa di pastikan kampas tersebut lebih lunak. Kampas yang terlalu keras juga tidak baik bagi piringan cakram karena akan memperngaruhi tingkat keausan cakram.

itulah beberapa tips memilih kampas rem cakaram untuk motor anda, bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan mau memilih yang genuine atau aftermarket banyak sekali pilihannya. Semoga berguna..

No comments

Powered by Blogger.