Stroke Up Tanpa Merusak Kruk As Simpel dan Mudah


Menaikkan Stroke tanpa merusak Kruk As untuk sepeda motor, dalam hal ini stang piston sama sekali tidak di ganti jadi akan membuat kruk as aman karena tidak ada proses pengelasan sama sekali. 

Kita cukup mengganti pin stang piston dengan produk aftermarket yang banyak tersedia di toko spare part motor, dengan pengantian ini putaran bawah akan terasa lebih enak dan torsi meningkat.  


Penggantian pin stang piston pada bagian big end sama saja mengeser dudukan stang piston cara ini sering di lakukan sehingga stroke akan naik. Harga pin stang piston ini bervariasi mulai dari Rp 250 ribu, pin ini berbentuk satu lobe atau benjolan yang lebih tinggi sehingga bisa menaikkan stroke. 

Hanya dengan mengganti pin standar dengan yang baru bisa menggunakan bantuan bengkel bubut supaya lebih presisi dan lebih kuat.

Di samping bagian mesin yang kita ubah, kita juga perlu memperbaiki asupan bahan bakar dengan memperbesar saluran masuk dan saluran buang bisa juga memperbesar ukuran klep dan menambah asupan bahan bakar. 

Namun perlu di perhatikan dengan menaikkan stroke up otomatis piston akan lebih menonjol ke atas jangan sampai bertabrakan dengan klep maka perlu penghitungan kusus untuk menaikkan stroke.


Inilah beberapa keunggulan jika kita menaikkan stroke
1. Putaran mesin relatif lebih rendah untuk mencapai power yang maksimal jadi tidk perlu menaikkan gas dalam dalam.
2. Ukuran seher dan blok silinder relatif lebih kecil sehingga akan mengurangi cost.
3. Bahan bakar akan tetap irit, karena putaran mesin tidak terlalu tinggi.

Disamping ada keunggulannya tentu ada kekurangannya 
1. Dengan kecilnya diamater piston otomatis klep juga ukurannya akan kecil, sehingga bahan bakar yang masuk hanya sedikit.
2. Harus berhati hati untuk pemakain putaran tinggi, jika melebihi piston limit maka mesin rawan mengalami kerusakan.

No comments

Powered by Blogger.