Penyebab motor berasap kususnya motor 4 tak

asap kanlpot

Artikel tentang tips kali ini akan membahas penyebab keluarnya asap pada motor kususnya motor yang menggunakan mesin 4 tak. Pembakaran yang terjadi pada motor 4 tak berbeda dengan motor 2 tak, dimana motor 2 tak dalam proses pembakarannya menggunakan oli sebagai pelumas piston. Oli ini langsung di semprotkan ke ruang bakar oleh pompa oli sehingga akan menyebabkan asap dari hasil pemakarannya. 

Sedangkan untuk motor 4 tak proses pembakarannya hanya menggunakan udara dan bahan bakar yang sudah di kabutkan oleh injektor atau karburator. Jika kita mempunyai motor 4 tak mengeluarkan asap kemungkinan ada kebocoran oli pada ruang bakar ini perlu kita perhatikan penyebabnya. 

Beberapa hal yang menyebabkan motor 4 tak berasap

1. Kebocoran oli pada boss katup (klep)
Boss katup yang sudah aus akan menyebabkan oli masuk ke ruang bakar kita bisa cek saat mesin di bongkar bagian kepala silinder, katup kita cek kalau ada kelongggaran berarti boss nya sudah aus harus kita ganti.

2. Kebocoran pada seal katup (klep)
Seal katup ini di buat dari bahan karet tahan panas, apabila seal ini sudah kaku menandakan seal sudah aus tidak bisa menekan batang klep sehingga oli bisa masuk ke ruang bakar, sebaiknya kita ganti.

3. Piston dan ring piston aus
Piston dan ring piston yang sudah aus bisa kita deteksi dengan menurunnya tenaga motor yang di akibatkan kebocoran kompresi bisa juga saat mesin di nyalakan keluar asap yang berlebih. Kita bisa cek dengan membongkar block silinder apakah piston dan ringnya sudah aus. 

Kita bisa lakukan kolter piston dan ring piston dengan ukuran yang lebih tinggi misalkan memakai oversize 0.25 mm, 0.50 mm, 0.75 mm, 1.00 mm. Kalau motor kita belum melakukan kolter oversize biasanya ukuran piston dan ring piston masih standart bisa kita naikkan dengan piston oversize 0.25 mm.

4. Kebocoran pada payung klep dan setting klep (rumah klep)
Payung klep yang sudah aus dan rumah klep yang aus akan menyebabkan kebocoran kompresi sehingga hasil pembakaran emnjadi tidak sempurna. Bisa kita ganti klep beserta rumahnya melakukan setting ulang. 

5. Knalpot yang di beri oli
Ini adalah cara lama bagi pemilik kendaraan bermotor yang takut akan knalpot terjadi karat maka dengan teratur knalpot di beri oli. Oli yang masuk di kanlpot akan terbakar sehingga menyebabkan asap, sebenarnya ini tidak perlu di lakukan karena pabrikan pembuat sepeda motor sudah memberikan anti karat pada bagian knalpot.

Nah itulah beberapa masalah penyebab motor 4 tak berasap ada banyak faktor, Agar tidak terjadi masalah pada komponen yang lain sebaiknya anda mengecek kondisi motor anda ke bengkel terdekat. Semoga berguna...

No comments

Powered by Blogger.