Kelebihan DiASil Cylinder Dan Forged Piston


Teknologi yang ada pada mesin motor memang selalu berkembang, dan banyak memberikan manfaat bagi pemilik kendaraan bermotor. Bagi penggemar otomotif tentunya tidak asing lagi dengan teknologi diASil Cylinder maupun Forged Piston yang akan meningkatkan performa mesin serta lebih awet dalam pemakaian.
Salah satu di kembangkannya teknologi DiASil cylinder adalah bagaimana membuat material yang kuat tanpa menggabungkan aluminium dan baja pada blok silinder. 

Aluminium mempunyai sifat abrasif jika bergesekan dengan gerak naik turunnya piston serta penambahan baja akan menambah bobot pada blok silinder. Solusinya adalah mencampur 20% silikon dalam teknologi peleburan Almunium
Diasil singkatan dari Die aluminium Silicon semcam material campuran logam dan aluminium dan silikon yang mempunyai beberapa keunggulan seperti kemampuan pendinginan yang baik dan tahan terhadap keausan yang berlebih. Diasil Cylinder merupakan silinder yang terbuat dari Diasil yang mempunyai ke unggulan diantaranya:
  • Mudah di daur ulang.
  • Mempunyai nilai ekonomis dan produktivitasnya tinggi karena tidak memakai liner dari besi.
  • Tingkat performa yang tinggi, ringan, pendinginan sempurna, tidak mudah aus dan awet.
  • DiASil Cylinder dibuat dengan proses Die Casting (cetak).

Forged Piston merupakan proses pembuatan piston dengan proses tempa yang mempunyai kelebihan tahan lama dan tidak mudah aus. Tingkat pemuaiannya lebih tinggi serta memiliki koefisien gesek lebih rendah. Bobot piston lebih ringan serta tingkat desibel yang di hasilkan lebih rendah di bandingkan piston aluminium biasa.
Saat pertama kali di terapkan teknologi ini memang mahal, namun seiring berjalannya waktu semakin banyaknya produksi masal maka akan menekan biaya produksi sehingga lebih murah.
itulah beberapa keunggulan motor yang memakai teknologi DiASil Cylinder dan Forged Piston, lain kali akan kita bahas tentang teknologi SCEM yang juga di terapkan pada Blok silinder tidak kalah kuatnya dengan DiASil , semoga berguna..

1 comment:

  1. Its always good to learn tips like you share for blog posting. As I just started posting comments for blog and facing problem of lots of rejections. I think your suggestion would be helpful for me. I will let you know if its work for me too. Cylinder Liner

    ReplyDelete

Powered by Blogger.