Hindari Hal Berikut ini Agar Aki lebih Awet

aki motor


Komponen Batrei Aki pada motor memiliki peran yang sangat penting, sebagai sumber tenaga kelistrikan, sistem injeksi, sisitem pengapian dll. Bagaimana jika Aki yang kita gunakan tiba tiba kehilangan arus listrik atau istilahnya tekor. 

Maka semua komponen tidak akan berfungsi dengan baik, masalah ini sering terjadi bagi pengguna motor, alangkah baiknya kita periksa dulu kondisi motor kita sebelum membeli aki baru agar kerusakan aki tidak terulang.

Ada banyak faktor yang menyebabkan aki cepat tekor, bagi yang gemar memodifikasi dan menambah aksesoris yang menggunakan sumber energi dari aki seperti klakson yang tidak sesuai, memasang lampu strobo, dan kerusakan pada bagian kiprok bisa menjadi biang masalahnya.

Penyebab aki cepat rusak atau tekor

1, Baut pengikat catu daya ke aki kurang kuat atau longgar.
Bila kita melepas dan memasang aki sebaiknya baut pengikat harus benar benar kuat, jangan sampai kendor ini berpengaruh juga saat proses pengisian. Jika baut longgar maka proses pengisian arus listrik tidak akan maksimal dan bisa membuat aki tekor.

2. Memasang klakson variasi 
Sering kita jumpai memasang klakson variasi yang tidak sesuai ukuran dari kapasitas aki, sehingga akan membuat aki cepat tekor karena suplai arus listrik terlalu besar.

3. Memasang lampu yang tidak sesuai
Memasang lampu yang tidak sesuai seperti lampu HID, akan menguras arus listrik pada aki. Lampu HID memang mempunyai nyala yang cukup terang namun memakan daya listrik cukup banyak.

4. Kiprok Rusak
Komponen ini berfungsi untuk membatasi tegangan dari generator atau bisa di sebut dengan sepul. Tegangan ini tergantung pada putaran mesin semakin tinggi mesin berputar maka arus tegangan yang di keluarkan juga semakin besar maka arus yang besar itu harus di batasi agar sesuai dengan voltase aki yang di gunakan. Jika kiprok rusak maka batrei aki akan mengalami overcharging, untuk pengecekan arus dari generator spull biasanya antara 14-15 volt.

5. Bore Up
Kenapa bore up bisa menyebabkan aki cepat tekor, mungkin anda bertanya tanya. Dengan melakukan boreup maka kompresi akan meningkat sehingga untuk menghidupkan mesin motor stater memiliki beban yang berat pula maka membutuhkan arus yang lebih besar untuk menghidupkan mesin.

itulah beberapa penyebab aki cepat tekor yang jarang kita ketahui, alangkah baiknya jika melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan arus listrik dari aki agar umur aki lebih lama. Semoga berguna informasi ini bagi anda !!!....

No comments

Powered by Blogger.