Tips membersihkan injektor paling mudah


Komponen terpenting dari sisitem injeksi yakni injektor yang berfungsi mengabutkan bahan bakar yang nantinya tercampur dengan udara di dalam ruang bakar. Bila injektor dalam proses pengabutan tidak sempurna maka proses pembakaran kurang maksimal dan menyebabkan pemakaian bahan bakar menajdi boros serta emisi gas buang akan belebih karena proses pembakaran yang tidak sempurna.

Jika injektor kotor maka jumlah semprotan bahan bakar akan terganggu efeknya tarikan mesin akan tersendat, maka hendaknya injektor selalu dibersihkan dan di rawat. Kotoran yang menyumbat injektor bermacam macam mulai dari kualitas bahan bakar yang jelek serta efek karbon dari proses pembakaran mesin.

Berikut tips cara membersihkan injektor pada motor.

1. Mencampur carbon cleaner langsung di tangki bensin
Carbon cleaner yang di tuang ke dalam tangki bensin merupakan cara yang paling mudah dan simpel, Carbon cleaner merupakan cairan kimia yang bisa langsung di campur dengan bahan bakar 3-5 liter bensin. 

Biasanya carbon cleaner dalam satu botol mempunyai kapasitas 75 ml, pemakaian ini sebaiknya di lakukan setiap 3000 km. Carbon cleaner di klaim dapat mengurangi endapan di injektor maupun saluran intake serta ruang bakar 


infus injektor cleaner


2. Menggunakan model infus
Banyak bengkel resmi yang menggunakan model infus, karena lebih efektif. Cara kerjanya cairan carbon cleaner di gunakan sebagai pengganti bensin dan di injeksikan langsung menggunakan perangkat seperti infus menggunakan bantuan angin bertekanan hingga 39-42 psi. 

Mesin di biarkan menyala sambil di gas dengan memakan waktu kurang lebih 5 menit sampai cairan pembersih injektor habis dan motor mati. Cara seperti ini sebaiknya di lakukan setiap 10.000 km.

3. Injektor cleaner dan tester
Cara ini tidak bisa membersihkan ruang bakar, tapi untuk mengukur tekanan injektor. Biasanya injektor di lepas lalu di berikan tekanan sesuai standart motor bila tekanan berkurang maka injektor kotor. 

Dilanjutkan dengan ultrasonic cleaning lalu injektor di rendam dengan cairan kusus dan kemuadian ada getaran ultrasonic yang menghasilkan panas dan menghilangkan kotoran yang menyumbat. Jika selesai di bersihkan tekanannya masih tetap berkurang disarankan untuk melakukan penggantian injektor


No comments

Powered by Blogger.