Tips Aman Berkendara Jarak Jauh Dengan Motor


Bagi yang suka bepergian jauh dengan menggunakan sepeda motor mempunyai kesenangan tersendiri di samping menjadi hoby bisa juga karena kondisi lalu lintas yang macet, berkendara dengan motor di anggap lebih praktis dan efisien.
Sebagian orang berkendara dengan motor di anggap menjadi solusi terbaik untuk menghindari kemacetan. Jika anda hendak menggunakan motor sebagai sarana transportasi ada baiknya memperhatikan tips berikut ini agar perjalanan nyaman tanpa ada gangguan.
1. Mengecek Kondisi Sepeda Motor sebelum bepergian.
Kondisi sepeda motor perlu di cek mulai dari mesin, kelistrikan, oli, tekanan ban, bahan bakar sehingga kondisi motor siap dalam perjalanan. Jika saat pengecekan terjadi kerusakan atau butuh penanganan serius hendaknya diperbaiki terlebih dahulu di bawa ke bengkel atau memakai motor cadangan yang kondisinya lebih baik.
2. Menghindari Membawa Banyak Barang.
Karena anda akan membawa motor dalam bepergian, maka alangkah baiknya menghindari membawa barang yang terlalu banyak sehingga akan menyusahkan saat di perjalanan. Cukup membawa barang yang dirasa penting unutk perbekalan anda.
3. Cek Surat Kendaraan Bermotor
Surat surat seperti STNK, SIM, KTP perlu di cek jangan sampai tertinggal di rumah, serta keamanan surat perlu kita amankan jangan sampai jatuh dalam perjalanan. Surat surat tersebut sangat penting unutk mengantisipasi hal hal ayng tidak di inginkan.
4. Memakai Alat Pengaman diri
Jika jarak ayng di tempuh sangat jauh, maka di perlukan peralatan body protector yang baik atau minimal bersertifikat SNI, memakai sarung tangan, sepatu, masker debu, helm, jaket. Berlaku juga bagi pembonceng yang di belakang, jangan lupa berdoa.
5. Membawa toolkit dan jas hujan
Membawa toolkit sederhana dan multi fungsi komponen spare part seperti busi, persiapkan juga jas hujan jangan memakai jas hujan model ponc sebaiknya gunakan jas hujan model baju karena lebih simpel. Apabila di perlukan install aplikasi Maps di smarphone sebagai penunjuk arah.
6. Istirahat yang cukup
Jika dalam perjalanan merasa lelah dan mengantuk sebaiknya istirahat terlebih dahulu di tempat strategis, jangan istirahat di tempat sepi untuk menghindari diri dari kejahatan. Makan dan minum yang cukup untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.
7. Menjaga Emosi Berkendara
Menjaga emosi sangat penting agar perjalan selamat sampai tujuan, menghindari kebut kebutan dan selalu mematuhi rambu lalu lintas. Jika perjalanan kita waktu mudik ada baiknya berombongan.
Itulah beberapa tips berkendara jarak jauh, menggunakan motor sebagai sarana transportasi, bepergian jauh dengan kendaraan bermotor bukanlah hal yang mudah patuhi rambu lalu lintas serta menjaga keselamatan berkendara. Semoga berguna....

No comments

Powered by Blogger.