KTM MotoGP Beralih ke Mesin Big Bang

KTM RC16

KTM MotoGP yang sebelumnya menggunakan mesin screamer pada musim 2017 mulai menggunakan mesin tipe big bang saat balap di Jerez akhir pekan lalu yang di pakai oleh kedua pembalap Pol Espargaro dan Bradley Smith. Smith ternyata sudah menguji coba mesin big bang tersebut saat test privat di Le Mans sebelum MotoGP Jerez.
Espargaro mengungkapkan bahwa mesin tipe big bang membuat akslerasi moto KTM RC16 meningkat, ini merupakan perbedaan utama saat memakai mesin tipe screamer.
“Kami mengeluhkan tentang akselerasi, terutama di gigi dua. Sekarang motor punya traksi bagus karena mesin memungkinan ban melakukan akselerasi dan kurva tenaga normal,” ucap Espargaro.
“Motor tidak lagi sulit dikendalikan. Segalanya terasa baik. Dan juga hasilnya, kami bisa mengikuti (pembalap lain) dalam hal akselerasi.”
Namun saat melakoni balap di Jerez akhir pekan lalu Espargaro tidak dapat menyelesaikan balap akibat kecelakaan, namun rekan setimnya mampu mencetak poin dengan finis di posisi ke 14.
Bradley Smith mengungkapkan saat menjalani ujicoba di Jerez senin 8/5 ia selalu mengamati Dani Pedrosa saat berada di belakangnya, untuk memberikan perbedaan Honda dengan perilah mesin Big bang pada KTM RC16.
“Menurut saya, kami tidak kekurangan tenaga. Kami membuat kemajuan baik daripada sudut pandang. Kami punya akselerasi bagus dan motor mendapatkan grip belakang,” Ucap Smith.
“Saya juga berpikir Dani sempat di belakang saya. Bahkan ketika mereka di belakang Anda, Anda bisa mengetahui apa titik kekuatan mereka, karena Anda mendengar nada mesin, ketika mereka mendekati atau menjauh.
"Itu bahkan terjadi ketika pemenang balapan mengikuti Anda selama dua atau tiga lap. Jadi, ya ini semua positif."
KTM RC16

Setelah di rasa memberikan peningkatan dari sisi mesin, KTM bakal memperkenalkan sasis baru untuk RC16. 

“Tentu kami kehilangan sesuatu ketika menikung. Ini masalah terbesar kami,” keluhnya.

“Jika kami melakukan langkah sama dengan memakai paket sasis baru maka itu akan luar biasa.”
KTM berusaha mengejar ketertinggalan dengan para tim papan atas, dan berusaha memberikan paket upgrade baik dari sisi mesin maupun sasis. Paket sasis baru KTM belum di jelaskan secara resmi apa masih menggunakan tipe teralis atau deltabox seperti pabrikan lainnya. 

No comments

Powered by Blogger.