Efek Mencampur Bahan Bakar pada Motor


Tidak sedikit para pemakai kendaraan bermotor mencampur bahan bakar, misalnya premium dengan pertamax atau pertalit dengan pertamax plus dengan anggapan untuk menghemat biaya, tentu saja ini akan memberi efek yang tidak baik pada kondisi mesin. Mencampur bahan bakar tentu akan menyebabkan aditif yang terkandung di dalam bahan bakar akan bekerja tidak optimal. 

Bahan bakar pertamax memiliki 3 zat aditif yang bermanfaat untuk optimalisasi pada pembakaran mesin diantaranya:

1. Detergency zat aditif yang berfungsi membersihkan logam dan kotoran, mulai dari membersihkan tangkai bahan bakar, saluran bahan bakar, injektor, katup intake, ruang bakar.

2. Corrotion Inhibitor zat aditif yangberfungsi menghambat karat pada bagian saluran bahan bakar yang terbuat dari besi.

3. Demulsifier berfungsi sebagai pencegah terjadinya pengkristalan air yang terkandung dalam bahan bakar, air yang terkandung dalam bahan bakar yang hanya memiliki oktan 88 membuat pembakaran menjadi tidak sempurna.

Jika kita mencampur Pertamax dan Premium memang akan bisa menambah nilai oktan yang terkandung dalam bahan bakar premium akan tetapi zat aditif yang terkandung di dalam pertamax tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika kita mencampur BBM jenis Premium dan pertamax merupakan tindakan yang kurang tepat, ada baiknya jika menggunakan Pertamax ron 92 atau Pertamax turbo yang memiliki ron 98 hendaknya tidak mencampur bahan bakar yang memiliki nilai ron lebih rendah.

No comments

Powered by Blogger.