Tips Merawat Rantai Motor agar Awet

Rantai sprocket

Para pemilik kendaraan bermotor kususnya jenis bebek cub, dan sport rantai merupakan komponen yang sangat penting sebagai penggerak roda. Rantai rawan sekali aus jika tidak di rawat dengan baik, karena banyak sekali kotoran yang menempel pada mata rantai seperti debu yang bercampur dengan oli atau pelumas rantai. 

Biasanya musim hujan yang sering menyebabkan rantai cepat kendor yang di akibatkan oleh air hujan yang mengandung zat asam.

Nah bagi pemilik kendaraan bermotor ada beberapa cara mudah untuk merawat rantai agar awet dan tahan lama, ada beberapa tips untuk pembaca yang kesehariannya memakai kendaraan bermotor kususnya roda dua agar kondisi motor selalu siap di pakai mendukung aktifitas, berikut beberapa tipsnya.

1. Atur kekencangan rantai motor usahakan setelan sesuai buku pentunjuk kendaraan bermotor, tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kendor. Bersihkan dari kotoran dan debu yang menempel, biasanya debu menempel di akibatkan oleh pelumas rantai yang kita gunakan. 

Periksa rantai dan bersihkan setiap 1000 km, usahakan untuk membersihkan jangan memakai bensin, gunakan air sabun dan kuas.

2. Mengecek kondisi rantai pemasangan pinnya sudah benar atau belum, Pemasangan rantai yang miring tidak senter dengan as roda bisa mengakibatkan rantai cepat kendor dan gigi roda cepat aus. 

3. Menggunakan pelumas kusus rantai, pelumas rantai mempunyai kekentalan yang berbeda di banding penggunaan oli mesin untuk melumasi rantai. Berikan pelumas secara merata sambil roda di putar, pelumas ini mencegah rantai berkarat dan melumasi roller rantai dan seal di dalam roller.




Pin rantai

4. Menggunakan Gear dan Rantai Asli, menggunakan gear dan rantai tidak sesuai spesifikasi motor dapat beresiko pada kerusakan. Di sarankan untuk memakai produk asli yang sudah terjamin kwalitasnya. 

Usahakan dalam mengganti rantai satu set bersamaan dengan gear agar selalu awet, jangan pernah memotong rantai yang sudah kendor ini sangat berbahaya dan tidak di sarankan karena mengurangi kekuatan rantai itu sendiri.

Itulah beberapa cara yang dapat di lakukan untuk merawat rantai motor agar bisa digunakan lebih lama dan mendukung aktifitas anda. Semoga berguna....


No comments

Powered by Blogger.