Tips Merawat Ban Motor Agar Awet


Ban merupakan komponen yang penting dalam mendukung faktor kemanan berkendara, bagaimana cara merawat ban yang baik hingga usianya bisa bertambah lama di samping juga faktor keamanannya. Cukup mudah paling utama kita harus rajin dan melihat kondisi ban sewaktu akan dipakai perjalanan jauh.

Tekanan udara yang kurang dan batu kerikil yang menempel pada ban dapat mengurangi umur pakai ban, paling tidak dengan melakukan pengecekan saat di pakai bisa memperpanjang umur ban. Jika kita menemukan kerikil yang menempel di sela sela ban harus segera kita bersihkan sebab dapat mengikis pemukaan ban.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi ban motor agar selalu awet dan umur pakai lebih lama. Mempertahankan suhu udara ban motor dan mencegahnya agar tidak gampang memuai, menjadi hal utama yang perlu diperhatikan agar ban tidak gampang bocor. Berikut ini beberapa Tips dan Cara Perawatan Ban Motor Agar Awet dan tidak gampang bocor.

1. Memperhatikan tekanan angin
Menjaga tekanan angin pada ban secara rutin hendaknya di lakukan pengecekan pada pagi hari sebelum motor dipakai, berkurangnya tekanan angin dapat menyebabkan tenaga motor berkurang bahan bakar akan menjadi boros dan umur ban semakin pendek. Usahan tekanan angin harus sesuai yang di rekomendasikan oleh pabrikan pembuat ban.

2. Memperhatikan keausan Ban
Memeriksa tingkat keausan sangat penting unutk menjaga keselamatan berkendara, Keausan ban biasanya sudah di berikan tanda oleh produsen ban kapan sudah saatnya di ganti biasanya memakai istilah (TWI). Jangan memaksakan menggunakan ban sampai gundul, hingga terlihat lapisan nilonnya, akan sangat berbahaya jika terus di pakai.

3. Memeriksa pentil ban
Periksa pentil ban, jangan samapi ada kebocoran unutk mengeceknya bias meneteskan air pada pentil ban apakah ada gelembung udara. Jika ada gelembung maka di pastikan pentil mengalami kebocoran. Sebaiknya langsung saja melakukan penggantian pentil dengan yang baru.

No comments

Powered by Blogger.