Modifikasi Honda CB

honda cb
Honda CB  series baik yang 100cc maupun yang 125 cc merupakan motor legend yang banyak sekali tersebar di Indonesia. Motor ini di perkenalkan di Indonesia tahun 1971 degan kode CB 100 K1 oleh PT Federal Motor yang berdiri di tahun yang sama.  Honda CB series ini memiliki banyak tipe, namun tidak semua tipe di pasarkan di Indonesia. 
Beberapa tipe yang di pasarkan di Indonesia antara lain Honda CB100, Honda CB125, Honda CB175 dan Honda CB 200. Semua tipe yang di pasarkan di indonesia menggunakan silinder tunggal. Namun ada beberapa honda cb yang menggunakan 2 silinder. Hingga kurun waktu tahun 1971 sd 1981 sudah terjual sebanyak 600.000 unit.
Sekarang banyak masyarakat yang memodifikasi Honda CB ini dengan melakukan swap mesin dari GL Series maupun Honda Tiger. Modifikasi mesin merupakan jalan paling mudah akibat susahnya mencari suku cadang dari Honda CB, dengan mengganti mesin meiliki keuntungan sendiri antara lain mudah mencari part di toko onderdil motor.
honda cb
Tidak hanya mesin yang diganti, suspensi pun juga ikut diganti baik depan maupun belakang, sehingga membuat tampilan motor menjadi gagah dengan kaki kaki yang cukup lebar. Para modifikasi honda CB masih mempertahan kan desain yang jadul dan kuno karena dianggap mempunyai nilai clasic dan sejarah.
honda cb
Beberapa ubahan bodi yang sering dilakukan bagi pecinta modifikator mulai Tangki, jock, suspensi, tutup aki samping kiri dan kanan, kanlpot, lampu depan, masih banayal lagi. Untuk mengubah membutuhkan biaya yang lumayan besar hingga 10 juta sampai 20 juta tergantung banyaknya part yang harus di ganti. 
Harga nilai dari  modifikasi kadang tidak sebanding dengan harga motor itu sendiri. Tidak heran banyak kolektor kepincut dengan modifikasi orang Indonesia, sehingga nilai jual motor akan tinggi bila di beli oleh kolektor item.



No comments

Powered by Blogger.