Mengenal Rem ABS Pada Motor

Rem ABS

Rem ABS atau kita kenal dengan sebutan Antilock Brake System merupakan fitur keselamatan yang tertanam pada Rem yang di atur secara elektronik menggunakan ECU. Perangkat jenis ini Sudah tertanam pada motor besar buatan luar negeri seperti Ducati, BMW, Honda, Yamaha, MV Agusta, Suzuki, Aprilia dll. Untuk motor rakitan Indonesia diantaranaya Yamaha Nmax 155, Honda CBR250RR, Yamaha Aerox 155 dll. 


Fungsi utama Rem ABS adalah fitur keselamatan yang mencegah roda terkunci saat terjadi pengeraman di jalan basah atau berpasir. Dengan hadirnya teknologi ini maka kasus kecelakaan dapat di minimalisir akibat kegagalan pengereman pada sebuah motor.



Cara Kerja Rem ABS.
Pada saat melakukan pengereman, dan terjadi roda mengunci akibat tekanan piston maka sensor akan mengirimkan sinyal ke modulator sehingga mengatur piston rem yang ada pada caliper untuk mengurangi tekanan fluida minyak rem. Akan tetapi jika penguncian berkurang tekanan akan kembali normal. 

Proses ini berlanjut dengan rentang waktu yang sangat cepat kira kira 15-50 kali perdetik akibatnya roda tidak akan terkunci. Biasanya ECU dan Modulator terletak bersamaan yang tergabung dengan pompa, reservoir dan katup solenoid. Katup solenoid berfungsi untuk membuka dan menutup selama proses pengaturan tekanan fluida atau minyak rem.
Teknologi Canggih dengan Tambahan Harga Di Banding Non ABS.
Dengan adanya teknologi ABS dengan sistem yang lumayan komplek, maka sangat wajar jika motor yang menggunakan ABS harganya akan lebih tinggi jika di bandingkan non ABS. Kita bisa lihat Honda CBR250RR ABS dan non ABS tentunya harganya akan beda. 

No comments

Powered by Blogger.