Cara Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan

motor musim hujan

Bagi pemilik sepeda motor saat memasuki musim hujan, hendaknya selalu merawat kendaraan anda agar motor selalu dalam kondisi sempurna. Cukup mudah dan murah unutk merawat motor kita, hanya menjaga kebersihan dengan mencuci motor selepas terkenan air hujan dengan air kran atau air sumur, supaya motor terhindar dari karat yang akan merusak komponen mesin hingga chasis motor. 

Para pemilik sepeda motor sering mengalami masalah setelah motor habis digunakan  pada waktu hujan. Mulai dari mogok di tengah jalan, rantai kendor (aus), rem ngeblong, muncul suara kasar pada mesin. Langkah apa yang harus diperhatikan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan motor di musim hujan, berikut penjelasannya.

1. Mencuci Sepeda Motor
Mencuci sepeda motor setelah dipakai saat hujan merupakan hal yang paling penting, karena air hujan mengandung zat asam yang dapat membuat karat atau korosi pada komponen luar sepeda motor, seperti chasis, bearing roda, bagian bawah CVT yang biasanya ada lubang ini rawan terkena air hujan saat banjir. Untuk mencuci gunakan air sumur atau air kran yang tidak mengandung zat asam.

2. Lumasi Rantai dengan pelumas Rantai
Umumnya rantai sepeda motor saat ini tidak menggunakan penutup rantai, maka perlu dibesihkan dan diberi pelumas kusus rantai dan mencegah dari karat, biasanya rantai sepeda motor yang sering terkena air hujan sering aus atau kendor. 

3. Mengontrol bagian CVT (Kusus Skutic)
 Motor skutic menggunakan transmisi jenis CVT, biasanya bagian CVT ini ada lubang pernapasan yang terhubung ke udara luar, ini rawan sekali terkena air saat menerjang banjir. Oleh sebab itu selalu kita periksa atau service secara rutin membersihkan bagian CVT.

4. Bagian knalpot 

Biasanya bagian yang paling kotor saat terkena air hujan adalah bagian leher knalpot, ini perlu kita bersihkan untuk menjaga knalpot dari karat.

5. Memeriksa Sistem Pengereman
Sistem pengereman perlu kita  periksa, baik rem depan maupun belakang. Kita cek kondisi kampas rem dari keausan sudah tipis atau belum. Untuk rem cakram bisa langsung kita intip pada bagian caliper unutk mengetahui tebal tipisnya kampas rem.

6. Memeriksa Kondisi Busi
Busi merupakan komponen sangat penting bagi motor, Busi perlu kita periksa apakah perlu kita gantai atau cukup di bersihkan. Busi harus diganti jika melebihi 10000 km tergantung dari kondisi pemakaian motor.


7. Filter Udara
Filter udara perlu kita periksa, biasanya saat musim hujan kondisi udara sangat lembab sehingga filter udara tidak bisa kering akan menyebabkan kotoran menempel lebih banyak. Bisa kita ganti atau periksa tergantung dari kondisi filter tersebut.

8. Membawa busi cadangan
Saat musim hujan hendaknya membawa busi cadangan, untuk berjaga jaga saat motor kita mogok akibat musi terkena air hujan.

No comments

Powered by Blogger.