Cara Mengatasi Gigi Perseneling Yang Keras Saat Pindah Gigi

kampas kopling

Bagi pemilik kendaraan bermotor mungkin sering mengalami pemindahan gigi yang sulit atau tarikan motor yang terasa berat oleh karena itu kita harus mengetahui beberapa sebab motor memiliki kendala teknis termasuk komponen gearbox dan Kopling. 

Masalah seperti ni sudah sering terjadi pada pemilik kendaraan bermotor. Biasanya masalah seperti ini terjadi saat perjalanan jauh serta kondisi mesin yang sudah panas.

Banyak sekali penyebab perseneling motor keras dan susah unutk pindah gigi, cara untuk mengatasinya sebenarnya kita bisa melakukan sendiri dengan mudah, namun perlu mengetahui langkah langkah untuk melakukan perbaikannya.

Berikut beberapa penyebab perseneling keras.
1. Penyeban gigiperseneling keras biasanya setingan kopling yang kurang pas, atau kabel baja sudah aus atau kemdor dan perlu di seting ulang.

2. Penggunaan oli yang tidak sesuai spesifikasi dari mesin motor, Oli dengan tingkat kekentalan yang terlalu encer bisa menyebabkan pemindahan gigi sulit. Oli yang encer biasanya kurang memiliki redaman gaya gesek antar komponen mesin.

3. kampas kopling yang sudah aus. Kampas kopling yang sudah aus atau tipis akan menyebabkan motor kurang bertenaga dan dan pemakaian bahan bakar menjadi boros.

4. Plat kopling yang sudah rusak, biasanya komponen ini akanterlihat melengkung dan tidak rata sehingga kerenggangan antara kampas kopling tidak merata akibatnya saat melakukan penekanan kopling akan terjadi slip dan menyebabkan kampas kopling cepat aus.

5. Cluth Cover yang sudah aus. Cluth Cover ini biasanya di sebut rumah kopling, rumah kopling yang sudah aus akan terlihat bergerigi dan tidak rata sehingga sata terjadinya proses kopling maka kinerja kopling tidak maksimal.

6. Bos Rumah kopling yang sudah aus, Rumah kopling biasanya terdapat Bos yang di dalamnya terdapat karet kopling, apabila bos dan karet kopling ini sudah aus biasanya akan terjadi bunyi kasar saat kopling di tekan. 

Sebenarnya masih banyak sekali masalah yang terjadi pada kopling, yang kami sebutkan diatas hanya sebagian garis besarnya saja.

Berikut Cara mengatasi Perseneling Motor yang keras
1. Menggunakan Oli mesin yang berkualitas, biasanya oli yang berkualitas meiliki harga yang lumayan mahal, jangan selalu memakai oli bawaan motor bisa coba oli yang lebih berkualitas.

2. Melakukan pengecekan tali baja pada kopling apakah sudah kendor atau belum, bila perlu seting tali baja pada kopling (Kusus motor yang tidak memakai Hidroulik untuk Kopling).

3. Melakukan pengecekan kampas kopling apabila sudah aus bisa dilakukan pergantian.

4. Melakukan pengecekan plat kopling, ganti bila perlu.

5. Melakukan pengecekan rumah kopling (cluth cover).

No comments

Powered by Blogger.