Cara Paling Mudah Merawat Motor Injeksi


Sistem injeksi

Berkembangnya teknologi dari tahun ke tahun semakin canggih, Teknologi Injeksi yang di pasang pada sepeda motor membuat emisi gas buang semakin sedikit sehingga akan lebih ramah lingkungan. Pengabutan bahan bakar menggunkan injeksi di klaim lebih akurat antara pencampuran udara dan bahan bakar juga sistem pengapian semuanya telah di atur menggunakan ECU. 

Merawat motor injeksi tentunya berbeda dengan merawat motor yang masih menggunakan karburator sebagai pengabutan bahan bakarnya. Dengan melakukan perwatan secara berkala tentunya motor kita memiliki umur pakai yang panjang serta terhindar dari kerusakan yang besar yang memakan biaya yang lumayan besar. 

Berikut hal yang perlu di perhatikan saat merawat motor injeksi
1. Memanaskan mesin minimal 3 menit sebelum kendaraan di pakai agar pelumas bisa memaksimalkan pelumasan ke seluruh mesin. Motor yang jarang di pakai pelumas akan turun dan mengendap di bak mesin (crankcase)

2. Memakai oli dengan kekentalan yang di anjurkan oleh pabrikan pembuat motor, misalnya memakai oli dengan kekentalan SAE 10W30 atau SAE 10W40. Oli yang semakin encer dengan nilai SAE lebih rendah akan mempercepat pelumasan karena oli akan semakin encer. Oli sebaiknya kita ganti setelah menempuh 1500 km sampai 2000 km. Selain sebagai pelumas oli juga sebagai pendingin.

3. Memakai bahan bakar yang memiliki oktan 92 keatas, nilai oktan yang tinggi bebas timbal sehingga ruang bakar selalu bersih. Bahan bakar sangat berpengaruh dengan tenaga yang di hasilkan oleh motor, bahan bakar yang sesuai dengan mesin akan memperpanjang umur mesing dan tidak menimbulkan detonasi.

4. Selalu memeriksa kondisi busi dan aki, aki merupakan komponen fital yang penting bagi sistem injeksi. Kerusakan pada aki dapat menimbulkan ganguan pada sistem injeksi seperti pompa bahan bakar, sensor sensor dll. 

5. Menjaga kondisi tangki bahan bakar agar tidak kosong, karena motor injeksi tidak di anjurkan tangki dalam keadaan kosong karena dapat merusak pompa bahan bakar. Bahan bakar juga sebagai sistem pendingin di dalam tangki unutk pompa injeksi, kalau tangki mosong pompa injeksi tidak ada sistem pendingin sehingga lama kelamaan akan rusak.

No comments

Powered by Blogger.