Mengganti Kampas Rem Cakram Roda Depan Motor



Rem Cakram



Rem merupakan komponen paling utama menjaga keselamatan berkendara, bisa kita bayangkan bagaimana rem kendaraan kita tidak berfungsi terutama unutk roda depan. Rem depan merupakan tumpuan beban kendaraan dengan pengemudi, karena pada saat kita mengerem semua tumpuan beban akan mengarah pada roda depan itulah pentingnya rem depan rata rata menggunakan cakram. 

Rem cakram di gerakkan menggunakan hidroulik dengan bantuan cairan ,minyak rem dengan adanya gaya tekan yang di peroleh dari stang rem. Rem cakram terdiri dari master rem, caliper, dll. Didalam kaliper terdapat piston yang berfungsi menekan kampas rem yang bersinggungan dengan cakram saat adanya gaya tekan dari caliper. Jika kampas rem sudah aus atau kondisi sudah tipis ada baiknya kita segera mengganti kampas yang sesuai dengan motor kita.

Berikut Cara Mengganti Rem Cakram Depan.

1.  Kita buka baut pegangan kaliper atas dan bawah, kita gunakan kunci L ada sebagian motor menggunakan kunci bintang. Buka penutup kunci L tersebut menggunakan obeng minus.





 2. Setelah kaliper terlepas kita lepas maka bisa kita ambil kampas rem dari rumahnya, tekan hendel rem depan supaya piston menonjol keluar tapi jangan sampai terlepas, setelah itu bisa kita bersihkan dari kondisi karat yang menyebabkan piston macet.
 

3. Setelah piston kita bersihkan dari karat, kita tekan kembali agar piston masuk ke dalam caliper jangan lupa lumasi piston menggunakan gemuk kusus (vet), lalu kita pasang kampas rem yang baru, lalu baut L sebagai asnya kita pasang lagi.



4. Tinggal kita cek kodisi rem dengan menekan handel rem depan, kita pegang caliper yang sudah terpasang kita cek spelingnya hendaknya ada speling sedikit sebagai ruang gerak caliper saat terjadi pengereman.

No comments

Powered by Blogger.