Memilih Oli yang Berkualitas Untuk Motor


Macam macam OLI
Macam macam OLI
 
Bagi pemilik kendaraan bermotor sangat penting memilih pelumas yang berkualitas untuk mendukung kinerja mesin motor kita, Oli berfungsi sebagai pelumas yang mengurangi gesekan antara komponen mesin bisa juga sebagai pendingin dengan mengalirkan panas melalui lubang sirkulasi oli. 

Oli juga berfungsi mencegah karat yang ada di dalam mesin dengan cara membersihkan karbon sisa pembakaran yang masuk ke mesin.

Banyak sekali oli yang di jual di Indonesia mulai produksi dalam negeri maupun produk import, kita harus pandai memilih jenis oli untuk mesin kendaraan kita sesuai standart SAE, API, JASO yang direkomendasikan oleh pabrikan pembuat motor. 


Kesalahan memilih oli dapat menyebabkan kinerja mesin kendaraan bermotor bisa terganggu dan tidak maksimal bahkan bisa merusak mesin.


Oli yang ada di indonesia ada dikisaran harga mulai Rp.40.000 perliter hingga 150.000 perliter mungkin masih banyak yang lebih mahal, tentunya dengan harga yang mahal maka kwalitas oli pun akan semakin terjamin melindungi mesin kendaraan anda. 

Merk yang di jual di Indonesia antara lain Eneos, Yamalube, AHM oil, fderal Oil, Shell, Repsol, Top1, Eni, Evalube, Total, Elf, Pertamina dan masih banyak lagi.
Berikut ini adalah jenis jenis Oli yang di jual di Indonesia.

1. AHM Oil adalah oli Genuine kusus untuk motor Honda, mulai dari Skutic, Cub, Sport di pasarkan oleh PT Astra Honda Motor, bila kita lihat secara cermat AHM Oil ini ada yang di produksi oleh Federal Oil dan Idemitsu oli dari jepang. 

Mungkin kedua produk oli ini sudah keja sama sebagai suplier oli unutk PT AHM. Oli produk dari AHM ini lumayan terjangkau dengan harga mulai Rp 40.000 dengan kemasan 1 liter, 1,2 liter dan 0,8 liter. Untuk kemasan 1,2 liter di pakai untuk motorsport Honda seperti CB150R, CBR150, Sonic, Supra GTR.
  
AHM Oil
AHM Oil

2. Federal Oil
Federal Oil merupakan Oli produksi PT Federal Karyatama dengan merk dagang Federal Oil, oli produksi dalam negeri ini juga menjadi suplier oli Untuk PT AHM. Federal Oil juga pernah menjadi partner Oli untuk sepeda motor Honda. 

Namun sekarang memilih memasarkan produk olinya untuk semua merk motor. Federal Oil juga menjalin kerja sama dengan Gressini Moto2 sebagai sponsor utama. Merk Federal Oil menempel besar di motor pembalap Jorge Navarro.



Federal Oil
Federal Oil



3. Yamalube
Yamalube merupakan oli Resmi untuk Motor Yamaha, Yamalube merupakan brand oli dari jepang. Yamalube menyediakan oli untuk motor Skutic, Cub, Sport khusus untuk motor Yamaha. 

Oli ini tersedia di semua Diler Bengkel Service motor Yamaha, bahkan di toko penjual oli juga sudah lengkap kita tingggal memilih sesuai spesifikasi motor kita. Untuk botol dengan warna silver mempunyai spesifikasi 20W-40 JASO MA kusus unutk motor bebek. 

Botol Warna Gold mempunyai spsesifikasi 10W-40 yang lebih encer mempunyai tingkat perlindungan yang lebih baik. Yamalube Sport Motor Oil unutk motor sport Yamaha yang mempunyai akslerasi yang tinggi ada juga Yamalube Super Sport kusus untuk motor Yamaha seperti R25 dengan spesifikasi 10W-40 dengan bahan Full sintetic. 


Yamalube Racing Oil kusus unutk motor balap dengan tingkat perlindungan yang maksimal dengan spesifikasi 15W-50 unutk menjaga ketahanan mesin pada suhu yang tinggi.



Yamalube
Yamalube

4. Pertamina Enduro
Produk oli Pertamina Enduro yang di kususkan untuk Oli sepeda motor yang mempunyai perlindungan yang maksimal mulai dari Kopling, Piston, Komponen Head Silinder serta Gearbox. 

Mempunyai Spesifikasi JASO MA, JASO MB dengan standart SAE 10W-30, 20W-50, 10W-40. Oli ini mempunyai harga jual yang cukup terjangkau rata rata harganya hampir sama dengan oli yang di rekomendasikan pabrikan pada umumnya.



Pertamina Enduro
Pertamina Enduro

5. Motul

Motul merupakan oli terbaik yang sudah di pasarkan sejak lama di Indonesia, para pecinta motor pasti sering memakai oli ini. Menggunakan bahan oli sintetic di buat menggunakan teknologi yang tinggi mampu meningkatkan kinerja mesin motor kita. Tersedia dengan spesifikasi 10W-40, 10W-30, 20W-50.

Untuk motor 4 tak motul menawarkan produk Motul 3000 Plus, 3100 Gold, H-Tech 100 4T, Motul 5100, Motul 7100, serta Motul 300 V Factory Line.
 
Motul
Motul

 


No comments

Powered by Blogger.