Tips Agar Tarikan Motor Skutic Lincah


Mesin matic
Mesin matic



Kemungkinan para pemilik motor skutic merasakan tarikan motor berat dan kurang bertenaga, karena karakteristik motor yang di jual di Indonesia mempunyai karakteristik yang bermacam macam. karakter motor skutic yang tarikan berat memang sedikit merepotkan jika di gunakan di daerah perkotaan yang padat karena membutuhkan handling stop and go dalam berkendara di tengah kepadatan lalu lintas. Ada baiknya anda melakukan perawatan yang teratur untuk menjamin kenyamanan berkendara motor skutic anda, akan tetapi pemakaian bahan bakar akan lebih irir dan tarikan akan lebih responsif. Berikut poin perawatan bagi pemilik yang bisa dilakukan.


Filter udara
Biasanya unutk motor skutic generasi terbaru yang menggunkan injeksi, letak filter udara ada di samping sebelah kiri, ini sangat memudahkan dalam hal penggantian. Pemilik bisa menggantinya tanpa harus ke bengkel resmi karena cukup di buka menggunkan obeng + (plus). Filter udara sebaiknya jangan di bersihkan atau di semprot dengan udara bertekanan, anjuran pabri filter udara harus di ganti rentang beberapa ribu kilometer tertentu ada baiknya ini di ganti setiap 15000 km atau tergantung kondisi, jika sering berkendara di daerah berdebu bisa di ganti setiap 10000 km.

Busi
Busi merupakan bagian terpenting dari kendaraan bermotor, umur busi sebenarnya bisa sampai sekitar 50000 km, akan tetapi ada baiknya busi diganti setiap 20000 km unutk menjaga performa dan kondisi mesin skutic anda. Menggunakan bahan bakar yang sesuai nilai oktan untuk mesin misalnya oktan 90,92,95,98

Kopling ganda CVT
Bagian ini sangat penting untuk menjaga performa skutic anda, bagina cvt ini bisa di bersihkan secara teratur dengan udara bertekanan setiap 10000 km agar debu yang masuk ke bagian CVT dapat dihilangkan, atau bisa juga tipa 25000 km di bongkar dan diberi gemuk khusus CVT unutk menjaga keausan dari kopling CVT.

Penggantian V-belt
Vbelt juga berpengaruh pada akslerasi skutic, Vbelt ini bisa anda periksa setipa 25000 km dilihat ada retak retak pada bagian Vbeltnya kalau perlu diganti dengan yang baru.

Penggantian Pegas kampas kolpling
Pegas kampas kolpling juga perlu di ganti, karena per ini berfungsi menahan laju putaran gaya sentrifugal dari kopling, lama kelamaan gaya tekan akan berkurang dan perlu di ganti

Mengganti Roller CVT
Untuk roller CVT anda bisa lihat kondisinya, kalau sudah aus dan bentuknya sudah tidak bulat lagi sebaiknya harus diganti. Pada beberapa merk kendaraan tertentu roller ini sudah jadi satu denganV-belt pada saat beli V-belt yang baru

Memeriksa Pegas CVT
Pegas CVT bisa anda periksa apabila gaya tekan sudah terlalu lemah sudah saatnya untuk di ganti.

Penggantian Oli secara teratur
Oli ini sangat penting bagi kendaraan yang berfungsi melumasi dari keausan mesin, dan berfungsi mendinginkan dan memberishkan mesin dari deposit hasil pembakaran. memilih oli sesuaikan dengan tingkat kekentalan yang tercantum di buku kendaraan anda. Oli harus diganti tiap 2000 km atau tergantung berkendara, bila kendaraan sering digunakan bisa setiap 1500 km.

No comments

Powered by Blogger.