Mengenal Sistem Throttle by Wire

Throttle by Wire
Sistem Throttle by Wire

Beberapa motorsport seperti Yamaha R6 terbaru, Honda CBR1000RR, Ducati dan moge lainnya telah dibekali teknologi terkini yaitu throttle by wire atau sebagian orang menyebutnya ride by wire

Baru baru ini teknologi Throttle by Wire di turunkan ke motor kubikasi 250cc seperti CBR250RR. Teknologi ini menghilangkan keberadaan tali gas yang diganti oleh perangkat elektronik yang di atur oleh ECU untuk membuka butterfly di throttle body. Teknologi ini memiliki kelebihan dan juga kekurangannya. Berikut kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan teknologi Throttle by Wire lebih minim perawatan karena menghilangkan keberadaan tali gas baja pilin, dan juga akan menghemat penggunaan bahan bakar karena bukaan gas akan seimbang dengan putaran kondisi mesin semuanya telah di atur oleh ECU secara digital.

Kekurangan dari teknologi ini, gas tidak bisa di putar secara spontan karena sistem elektronik masih membaca putaran kondisi mesin secara bersamaan. Jika kita menginginkan bukaan gas yang responsif kita bisa re-mapping elektronik pada fuel injeksi atau bisa men seting riding mode yang ada.

Dari sinyal digital ini kemudian dikombinasikan dengan beberapa input sinyal dari sensor lainnya untuk mengolah:
  1. Bukaan throttle valve berfungsi menentukan berapa besar volume udarayang masuk ke mesin
  2. Durasi bukaan injektor untuk menyeimbangkan AFR untuk memperoleh power tertentu
  3. Proses pengapian untuk menentukan firing order.
Sistem Throttle by Wire pengembangan dari ECU yang sebelumnya. Dengan ditambah sinyal output dari ECU untuk mengontrol motor servo pengatur bukaan throttle valve. Sedangkan input dari tps, tidak lagi diambil dari tb akan tetapi dari handel gas. 

Sistem ini mulai di aplikasikan ke motor 250cc semakin banyak opsi mengendara yang ditawarkan.

Seperti Honda cbr250rr terdapat opsi riding, comfort, sport dan sport+. Tentunya opsi ini bukan hanya tulisan yang tampil di display, akan tetapi bisa memberikan pengaruh pada performa engine, pengereman dan lain-lain jika kita mencobanya. 

Jika dilihat dari tbw yang diaplikasikan pada motor honda maka opsi-opsi tersebut memang menghasilkan power yang berbeda pada tiap tiap riding mode.


No comments

Powered by Blogger.