Cara Merawat Helm Full Face

Helm Full Face
Helm Full Face
Helm mempunyai desian keamanan yang di rancang  untuk melindungi keamanan bagi pemakai helm, jika terjadi kecelakaan dan meminimalkan terjadinya cedera kususnya di kepala.Helm merupakan piranti keselamatan yang wajib dipakai bagi pengendara motor dalam senua kondisi jalan baik itu offroad maupun onroad.

Helm mempunyai beberapa standart keamanan mulai dari SNI, DOT, SNELL. Untuk anda yang menggunakan kendaraan bermotor minimal mengunakan standar SNI, lebih baik lagi jika menggunakan standar international DOT, SNELL yang sudah teruji secara international begitu juga kwalitasnya.

Helm yang mempunyai standart international tidak perlu memilih dengan harga yang mahal, yang pas di kantong pun juga ada. tidak sampai puluhan juta. Banyak produsen helm lokal yang sudah menerapkan standar DOT maupun SNELL dengan harga yang terjangkau untuk masyarakat indonesia. Kali ini saya akan berbagi tips bagaimana merawat helm agar nyaman dipakai dan tetap awet.

Sebenarnya helm itu mempunyai umur masa pakai, sebaiknya usia masa pakai helm itu 5 tahun, setelah itu anda bisa ganti dengan produk baru jika dipakai lebih dari 5 tahun akan mengurangi tingkat keamanan helm tersebut. Berikut tips cara merawat helm:
  1. Sebaiknya taruh helm dengan baik  di tempat yang aman, misalkan pada saat parkir hendaknya helm di kunci dan jaga jarak antar kendaraan lain, apabila berdekatan dikawatirkan kaca helm akan tergores
  2. Setelah dipakai sebaiknya hel di taruh di tempat yang bersih, terhindar dari debu yang menempel dan buka kaca helm agar sirkulasi udara mengalir dan mengurangi bau seperti keringat yang menempel pada helm.
  3. Jauhkan Helm dari sinar matahari langsung ataupun hujan, karena dapat merusak cat dan helm menjadi basah.
  4. Cucilah helm 1 bulan sekali dengan teratur, menghilangkan kotoran yang membuat kulit kepala gatal dan menghilangkan bau.
  5. Berikut ini ini cara melepas komponen helm full face untuk proses pembersihan:
  • Lepas visor atau kaca helm agar mudah dibersihkan lepas seluruh busa tersebut hingga helm hanya menjadi batok dengan gabus keras saja.
  • Rendam busa tersebut kedalam rendaman air sabun bersih kurang lebih 30 menit. Dapat ditambahkan pewangi seperti pengharum pakaian. Selanjutnya peras dengan pelan dan jemur busa dengan panas yang cukup agar cepat kering
  • Cucilah bagian luar helm dengan air bersih lalu keringkan. Gunakan kain halus dan wax pemoles  motor seperti KIT.
  • Bersihkan kaca menggunakan kain halus dengan menyemprotkan wax pemoles untuk motoruntuk menjaga kaca tetap jernih dan bening.
  • Setelah busa kering kita pasang kembali ke helm. juga pasang kaca dan visor helm dengan tepat.
  • Untuk menjaga kondisi helm semprotkan wangi-wangian khusus helm yang berguna sebagai pembunuh kuman dan bau tak sedap serta jamur didalam helm.
Untuk merawat dan membersihkan helm full face ini dengan mengikuti tips di atas dapat anda serahkan pada jasa pencucian helm yang sekarang banyak di tepi jalan, pastikan memilih tempat cuci yang baik supaya helm full face anda mendapat perlakuan yang baik. Semoga berguna

1 comment:

Powered by Blogger.