Mesin Baru Honda RC213V versi 2017

Marc Marquez
Marc Marquez

mesin yang tertanam di Honda RC213V model 2017 akhirnya selesai di ujicoba performanya kepada dua rider tim Honda Repsol MotoGP, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, di Sirkuit Misano, Selasa (13/9) kemarin. Belum ada keterangan resmi dari tim Honda, diharapkan tunggangan baru Marquez dan Pedrosa itu menjawab keluhan mereka pada musim ini.

Saat pengujian, kedua pebalap memang fokus terhadap performa mesin. Terutama perihal sinergi dengan perangkat kontrol elektronik (ECU) Magneti marelli. Pasalnya, mesin versi 2016 didesain dengan counter-rotating crankshaft, dan ini kurang sesuai harapan kurangnya akslerasi.
Di mana, mesin versi 2016 pada awal seri tidak serasi dengan ECU, sehingga para pembalap kesulitan mengendalikan akselarasi bawah.

Karena terkendala pembekuan mesin, sebelum jumlah seri berakhir, tim tidak boleh melakukan pengembangan mesin. Jadi secara khusus, pebalap Honda telah secara konsisten berjuang untuk mengendalikan wheelie ketika di rpm bawah. Maka, diharapkan pengembangan mesin model 2017 bisa lebih baik, menjadi tujuan utama honda. Ditambah lagi, MotoGP musim depan lahir peraturan pelarangan penggunaan winglet di sepeda motor.

No comments

Powered by Blogger.