Jurus Jualan Bisnis BRT: Kalau Enggak Puas, Kembalikan Aja..

BRT
BRT

Bintang Racing Team (BRT) sebagai produsen komponen balap punya jurus ‘mematikan’ untuk menembus pasar komponen aftermarket memberi jaminan kepuasan untuk para konsumennya.
 “Kalau enggak puas, balikin aja,” tegas Tomy Huang, owner BRT di Senayan, Jakarta (24/9).
Kenapa ia begitu kuat meyakinkan konsumen akan jaminan produk yang dibuat BRT?

 “Part yang punya embel-embel racing, orang enggak tau kualitasnya kalau enggak nyoba,” ujarnya.
“Konsumen akhirnya spent for learning, keluar duit untuk pembelajaran. Ini yang jadi masalah. Akhirnya begitu denger spare part ‘racing’, udah bilang ah, enggak ah. Soalnya kan ada part racing tapi performanya lebih jelek dari standar,” papar Tomy.

“Makanya harus pinter-pinter jaga kualitas. Brand image itu penting. Perlu education activity. Itu sebabnya saya enggak main diskon, saya main education supaya konsumen enggak coba semua. Yang udah pasti aja,” lanjutnya.

BRT punya fasilitas untuk meriset komponen motor balap, setiap konsumen yang beli haruslah punya sesuatu yang lebih apa yang mereka beli “Kalau konsumen beli, mereka get something. Bukan sudah beli, terus harus beli yang lain,” ujar Tomy. Tomy mengungkapkan kondisi pasar sekarang ini banyak sekali pemain baru, memasarkan part racing. “Punya duit Rp 200 juta sudah bisa dagang, enggak ada research & development,” tukasnya.

“Sifat manusia pengen coba sesuatu. Begitu coba, ternyata enggak cocok. Kita sebagai pemain lama, pertama, harus menjaga reputasi. Lalu jaga kualitas. Ketiga harga. Harga jangan mahal-mahal. Reasonable aja. Cari profit di volume, ada skala ekonomi. Kalau sudah main volume, artinya kita sudah membentengi diri sendiri,” papar Tomy.
Untuk itu, kuncinya ada di development yang dapat membuktikan performa yang ditawarkan.
“Jangan sekali-sekali bohongin konsumen,” ujarnya.

Sebagai contoh komponen yang sudah diriset olehnya adalah penggantian ECU Yamaha NMax dan kem akan membuat tenaga naik dari 10 menjadi 14 dk.
Lalu cukup mengganti rocker arm dan kem, Kawasaki KLX150 bisa naik 3 dk. “Kuncinya kurangi gesekan dan perbanyak udara masuk,” pungkasnya.

No comments

Powered by Blogger.