Waterpump Honda CBR250RR, Berada di kepala Silinder....


head cylinder cbr250rr
head cylinder cbr250rr


Coba simak gambar diatas . itu adalah Part Waterpump dari Honda CBR250RR . . . Biasa aja ? anda bisa cek di motor motor dohc lainnya, R25 dan Ninja 250 atau bahkan di CBR150R umumnya letak waterpump berada pada bagian bawah. Namun Di Honda CBR250RR letak Waterpump mesin DOHC berada di atas yakni di head silinder.

Honda mengklaim sistem waterpump yang di aplikasikan ke Honda CBR250RR ini sama letak waterpump dari Honda RC213V MotoGP . kayak apa kesamaan sama Honda MotoGP dan fungsinya buat apa ?
  1. Dengan menempatkan waterpump di bagian Camshaft ini menyebabkan putaran dari baling baling waterpump akan sama dengan kecepatan putar dari camshaft . . artinya makin kencang mesin berputar, maka makin cepat aliran cairan dari sistem water coolingnya. dan akan mempercepat proses pendinginan
  2. Dengan menampatkan di Bagian Camshaft maka sistem waterpump akan lebih sederhana bila dibandingkan dengan waterpump yang diletakkan di Bagian Crankcase waterpump akan lebih compak. Ada beberapa sistem part yang dihilangkan . . ini jelas akan berkontribusi dalam pengurangan bobot pada bagian Part mesin dan pengurangan Friksi/ gesekan
  3. Menempatkan waterpump di bagian atas . . ini akan menyebabkan pipa saluran air coolant akan lebih pendek karena jarak dari waterpump ke Radiator juga jadi makin pendek. Artinya ada bobot pemakaian pipa water cooling yang di pangkas dan ada bobot air / cairan / collant sistem water cooling juga  yang dipangkas.
Dengan penempatan water pump berada di head silinder pendinginan akan lebih maksimal, karena sirkulasi cairan pendingin lebih pendek dan dekat menuju saluran radiator. Sistem pendingin seperti ini sebenarnya sudah banyak di adopsi oleh motor sport 150 cc seperti yamaha Vixion dimana letak water pump berada di head silinder.


No comments

Powered by Blogger.