Masalah yang dihadapi Honda RC213V,… sulitnya setting ECU…???

Marc Marquez
Marc Marquez


Tim Repsol Honda MotoGP … mengeluhkan bahwa motor Honda RC213V … nggak bisa cepat ketika keluar dari tikungan dan juga pada waktu akslerasi.. Marc Marquez sampe ‘pontang-panting’ agar bisa tetap memimpin klasemen juara … Dani Pedrosa sendiri sudah hopeless dan ia mengutarakan kok selalu sama … nggak bisa improve …!!! Yang agak lumayan memang Yamaha … demikian juga Ducati yang mengalami improvement banyak banget karena sebelumnya sudah menggunakan ECU ini (Magneti Marelli) berbeda dengan Honda yang menggunakan ECU Besutan sendiri (ECU SHINDENGEN).

Setelah dicari-cari memang… persoalannya terletak pada electronic aka ECU… dimana dengan unified softwarenya Magneti Marelli… nggak bekerja dengan baik pada motor Honda RC213V …!!! Naaagh bos Honda… semakin pusing… ketika tahun depan akan meluncurkan engine baru… dimana sudah menerapkan counter rotating crankshaft… sebagaimana diminta oleh Marquez.

Pembalap Honda complain soal nggak ada akselerasi pada motor Honda RC213V… dan ketika setting diubah… lhooo kok jadi wheelie. Naaagh dengan software baru… para engineer Honda bingung. Marquez mengatakan untuk mengakali hal ini… ia gebeeer dan gunakan sedikit rem belakang untuk bisa keluar tikungan dengan cepat,

Winglet dipasang juga untuk mengakali hal ini… dimana bisa setting ECU… dan sekaligus mengurangi wheelie dengan winglet … namun impactnya ke ban Michelin.  Last,… tahun depan sudah tidak boleh memakai winglet…semakin seru nih race tahun depan.

No comments

Powered by Blogger.